Komponen-komponen RPP

http://3.bp.blogspot.com/-9bQLYBLY9LI/VbHy3qyAeDI/AAAAAAAAAnY/L-LpeyEF_tU/s72-c/BANNER%2BRPP.png click to zoom
Ditambahkan 22.16
Kategori Artikel Artikel Pendidikan Pendidikan
Harga
Share
BELI

Review Komponen-komponen RPP

Komponen-komponen RPP
Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang Komponen-komponen RPP

Jika ini bermanfaat dan tidak memberatkan, mohon bagikan ke teman sosial media Anda menggunakan tombol berikut:

Sebelumnya diucapkan Terima Kasih!

@Perangkat pembelajaran lengkap Kurikulum 2013 (RPP dan Silabus)
Pada artikel sebelumnya, telah dipaparkan secara singkat tentang Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Tujuan dan Fungsi RPP serta Unsur-unsur yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan RPP. Semoga sobat toMakassar telah membacanya (jika belum silahkan lihat beberapa artikel terkait pada bagian bawah). Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang Komponen-komponen RPP.

Komponen-komponen RPP

Komponen-komponen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari :
  • Identitas mata pelajaran. Identitas mata pelajaran, meliputi : satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.
  • Standar kompetensi. Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/ atau semester pada suatu mata pelajaran.
  • Kompetensi dasar. Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
  • Indikator pencapaian kompetensi. Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/ atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
  • Tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
  • Materi ajar. Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
  • Alokasi waktu. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
  • Metode pembelajaran. Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indicator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap indicator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI.
  • Kegiatan pembelajaran
  1. Pendahuluan. Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan, guru : (1) menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; (2) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; (3) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan (4) menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. 
  2. Inti. Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
  3. Penutup. Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktifitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
  • Penilaian hasil belajar. Prosedur dan instrument penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indicator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
  • Sumber belajar. Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Demikian ulasan tentang Komponen-komponen RPP ini. Silahkan baca artikel terkait lainnya di bawah ini:

Perangkat pembelajaran lengkap Kurikulum 2013 (RPP dan Silabus).

  • CARA PEMESANAN MELALUI HALAMAN PRODUK
  1. Klik tombol BELI di atas
  2. Isi Form Pemesanan, Semua yang bertanda bintang merah (*) Wajib diisi guna kemudahan proses pelayanan
  • Cara Memesan VIA SMS
KETIK: #NAMA ANDA#NAMA PRODUK YANG DIPESAN#JUMLAH PESANAN#ALAMAT EMAIL#ALAMAT LENGKAP# KIRIM KE: 085-256-470-313
Setelah itu, kirim pembayaran melalui salah satu Rekening Bank berikut :
No.Rekening : 3823-01-005268-53-9
An. Soenarto
Selanjutnya...
  1. Setelah melakukan pembayaran, KIRIM SMS KONFIRMASI ke 085-256-470-313
  2. Pesanan Anda akan segera dikirimkan, tunggu 1 X 24 Jam (Untuk pengiriman file Via eMail - Khusus untuk Produk dalam bentuk File) dan MAKSIMAL 7 HARI (Untuk pengiriman paket langsung ke alamat anda)

"Jangan melakukan pembayaran selain nomor rekening yang kami cantumkankan di halaman ini!!!"