Miniatur Perahu Pinisi Kerajinan Bugis-Makassar

@Kembali lagi kita membahas oleh-oleh khas Makassar, kali ini soal "Miniatur Perahu Pinisi Kerajinan Bugis-Makassar". Menjadikan miniatur perahu ini sebagai oleh-oleh untuk hiasan di rumah atau di kantor tentu sangat cocok dan sangat elegan. Selain karena mengandung nilai seni yang sangat tinggi, juga memiliki cerita sejarah ynng menarik, namun sangat panjang kalau ingin dibahas di sini, hihihi.

Miniatur Perahu Pinisi


Miniatur Perahu Pinisi Kerajinan Bugis-Makassar

Perahu Pinisi ini dikenal di tingkat Internasional Lho. Berbagai negara sudah memesan perahu ini, mereka terkesima dengan sejarahnya, pembuatannya hingga kemampuannya mengarungi samudra. Nah, bayangkan saja jika perahu pinisi ini ada di rumah kita, tentu rumah akan semakin mewah, bisa dipajang di ruang tamu, ruang tengah, atau di mana saja, tentu disesuaikan saja.


Artikel terkait oleh-oleh khas Makassar:


Daerah pengrajin perahu pinisi yang terkenal di Sulawesi Selatan adalah Bulukumba. Hingga kini mereka masih membuat perahu pinisi karena masih efektif digunakan sebagai alat transportasi antar pulau, khususnya untuk mengangkut barang.

Bukan cuma itu, banyak juga peminatnya dari negara luar seperti Jepang, Australia dan negara-negara Eropa, hebat kan? Para pengrajin inilah yang biasanya juga membuat miniatur perahu pinisi, terutama di saat mereka memiliki waktu luang setelah mengerjakan perahu pinisi yang asli. Makanya nilai miniatur ini lebih tinggi bila beli langsung di tempatnya, selain dapat barang juga dapat ceritanya, hihi.

Ukuran miniatur perahu pinisi ini bervariasi sob. Kalau yang sudah jadi dan dijual di Toko biasanya berukuran panjang sekitar 30cm. Tapi kalau mau pesan yang lebih besar hingga sebesar mobil juga bisa :) Atau sebaliknya yang lebih kecil seperti gantungan kunci juga bisa. Disesuikanlah dengan selera dan duit kita,hihihi.

Toko penjual oleh-oleh miniatur perahu phinisi

Sobat toMakassar yang tidak punya kesempatan ke Bulukumba, bisa beli di toko oleh-oleh yang berjejeran di Makassar, tepatnya di Jl. Somba Opu, kalau nanya pasti banyak yang tau tuh. Kalau harganya sih tergantung selera dan duit aja, hihihi, kira-kira mulai Rp.150 Ribuan hingga jutaan. Ini juga tergantung dari jenis kayu yang kita mau, kalau jenis kayunya bagus atau biasa disebut "kayu hitam", tentu harganya juga bagus, hehehe. Maaf ya kalau banyak ketawanya. Oke, sudah dulu ceritanya, terima kasih sudah mampir dan membaca, Salam Bahagia.


Sumber video: YouTube

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!