Oleh-Oleh Khas Makassar; Kuliner, Kain & Hiasan

@Oleh-oleh khas Makassar tentunya menjadi pembahasan khusus saat kita berkunjung ke kota Makassar. Jika kalian berkunjung ke kota kami, jangan lupa ya membeli oleh-oleh, karena ada banyak oleh-oleh yang dapat kamu bawa pulang dan tidak kalah menariknya deh dengan oleh-oleh dari daerah lain, hihihi, coba aja dulu.

Membeli Oleh-Oleh Khas Makassar


Ragam Oleh-Oleh Khas Makassar

Oleh-Oleh Khas Makassar ada banyak ragamnya lho, ada aksesoris, pakaian atau kain khas Makassar, kuliner khas Makassar,  hmmmm, cowok dan cewek makassar juga ada koq, hahaha, yang terakhir ini bisa dibawa pulang asal melalui prosedur hukum yang berlaku, hehehe.

Oya, oleh-oleh ini sebenarnya perwakilan atau representasi dari berbagai etnis yang ada di Sulawesi Selatan, diantaranya Bugis, Makassar, Mandar, Massenrempulu atau dikenal dengan Enrekang, kelompok etnis Kajang, Toraja, dan Mandar (sekarang daerah Mandar masuk di SulBar).

Semua etnis tersebut ada di Kota Makassar, ditambah lagi etnis lain yang berasal dari luar Sulawesi Selatan. Jadi, sangat banyak oleh-oleh khas Makassar yang dapat kita borong ke rumah, hihihi.

Aksesoris atau kerajinan dan makanan khas Makassar

Sangat beragam oleh-oleh yang dapat kita bawa pulang ketika berkunjung ke kota Makassar. Beberapa oleh-oleh yang paling populer diantaranya:

1. Miniatur

Kalau Aksesoris atau kerajinan khas Makassar, ada miniatur perahu pinisi, miniatur rumah tongkonan Toraja, miniatur alat musik khas dan macam-macam lagi tuh.

Miniatur yang paling populer adalah miniatur perahu phinisi. Selain karena unik, miniatur ini juga sangat elegan dan memuat karakter yang kuat Suku Bugis Makassar.

Tapi, miniatur lain yang juga tidak kalah menariknya adalah miniatur Rumah Tongkonan, yaitu rumah adat khas etnis Toraja.  

2. Kain Tenun

Kain khas Makassar juga tuh sangat beragam, bisa dikatakan masing-masing etnis memiliki kain khas, khususnya yang sudah diubah menjadi pakaian adat, salah satu kain khas ini adalah kain sutra khas Sengkang.

Kain sutra Sengkang adalah kain tenun yang paling populer dari Sulawesi Selatan. Sengkang sendiri merupakan nama ibukota Kabupaten Wajo. Penduduk asli Kabupaten Wajo adalah etnis Bugis yang memiliki kelompok masyarakat penenun yang cukup besar.

Selain kain sutra Sengkang, kain tenun yang tidak kalah menariknya adalah kain tenun Toraja. Etnis Toraja juga memiliki tradisi menenun kain yang hingga kini masih dapat kita jumpai di sana.

Sedangkan kain tenun yang tidak kalah uniknya adalah kain tenun etnis Kajang. Kain yang dihasilkan dari etnis Kajang ini tentunya mengikuti ciri khas mareka, yaitu menggunakan pakaian warna hitam. Jadi kain tenun mereka yang terkenal adalah kain tenun warna hitam khas Kajang.

3. Makanan khas Makassar

Nah, kuliner juga banyak sob, yang paling dikenal diantaranya ada Jalangkote, Coto Makassar, Otak-otak ikan khas Makassar, Pisang Ijo.

  • Jalangkote
    Jalangkote sangat identik dengan kue pastel. Namun bedanya, tepung yang menjadi pembungkus atau kulit lebih tipis. Selain itu pastel biasanya disantap bersama cabe rawit sedangkan jalangkote memiliki sambel cair yang khas.
  • Coto Makassar
    Banyak yang mengira coto Makassar ini adalah soto, mungkin karena kecendurungan membaca Coto dengan penyebutan Soto.
    Coto Makassar terdiri dari irisan daging sapi berbentuk dadu dan disajikan di dalam mangkuk berisi kuah dengan bumbunya yang khas.
  • Otak-Otak Ikan
    Otak-otak ikan adalah daging ikan yang digiling. Ikan yang digiling biasanya adalah ikan tenggiri. Daging yang telah digiling dicampur dengan bumbu lalu dibalut dengan daun pisang.
    Sebelum disantap, gilingan daging tersebut dipanggang tanpa melepas pembalutnya. Untuk melengkapi kelezatannya, otak-otak ini disajikan dengna sambel yang juga khas rasanya.
  • Pisang Ijo
    Pisang ijo salah satu kue yang unik. Pisang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau pandan. Saat disajikan, pisang tersebut diberi kuah kental yang manis dan dicampur dengan bahan lain sesuai selera.

Terkait oleh-oleh khas Makassar:


Tempat Membeli Oleh-Oleh Makassar



Jika anda ingin membeli oleh-oleh di Makassar, kita bisa berkunjung ke mall-mall atau toko khusus yang biasayanya berada di di pinggir jalan raya. Namun, kalau ada kesempatan, datanglah ke pusat oleh-oleh di Jl. Somba Opu, dekat Pantai Losari. Di sana hampir semua jenis oleh-oleh bisa kita temukan, mulai dari makanan, pakaian, hingga aksesoris.

Nanti pada kesempatan berikutnya, saya akan mencoba membahas lebih detail lagi oleh-oleh khas Makassar ini, diupayakan dibahas satu persatu (semoga saya kuat sob, hehe) biar lebih lengkap dan mudah dipahami, iya kan? Oke, udah dulu yah, mau kerja yang lain dulu :)

Sumber video: YouTube

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!