Otak-Otak Ikan Khas Makassar

http://3.bp.blogspot.com/-Aca1wIDYwAY/VT0UDGJQ06I/AAAAAAAAADo/xfqomTuwRec/s72-c/Otak-Otak%2BIkan%2BKhas%2BMakassar.png click to zoom
Ditambahkan April 27, 2015
Kategori Artikel Oleh-Oleh Khas Makassar
Harga
Share
BELI

Review Otak-Otak Ikan Khas Makassar

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!

@
Otak-Otak Ikan Khas Makassar
Halo sahabat toMakassar.com! Ada lagi nih yang wajib dicicipi kalau lagi berkunjung ke Makassar, yaitu Otak-Otak Ikan. Banyak yang bilang kalau otak-otak ini adalah makanan khas Makassar, tapi sepengetahuanku bukan sih, perlu penelusuran lebih jauh tuh, hehe. Otak-otak ini bisa kita jumpai di negara tetangga juga, yaitu Singapura dan Malaysia. Di Indonesia sendiri bisa kita jumpai di Solo, Jakarta dan beberapa daerah lain. So, saya tidak berani mengklaim ini dari mana dan khas daerah apa :)

Oya, sudah tau ga sih apa itu otak-otak? Mungkin ada yang berpikir bahwa otak-otak ikan ini adalah otak ikan yang diolah jadi makanan, heehee. Awalnya saya juga berpikir seperti itu. Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari ikan Tenggiri (bisa dicari di web lain tuh apa itu ikab tenggiri). Daging ikan ini dihaluskan lalu dibalut dengan daun pisang terus dipanggang. Tentu daging ikan ini sudah dicampur dengan bahan dan bumbu tertentu biar rasanya menjadi lebih nikmat (banyak resepnya bisa dibaca pada di internet koq). Nah, setelah matang, otak-otak ini disajikan dengan sambel khas, mirip sambel petis, tapi ini lebih pas dengan otak-otak. Pokoknya pas banget di lidah.

Otak-otak yang ramai dibicarakan dan menjadi oleh-oleh khas Makassar adalah otak-otak yang dibuat oleh Ibu Elly. Ini menjadi khas karena sambelnya yang berbeda dengan sambel asam pedas atau petis yang ada di Jawa, kalau di Jawa sambel petisnya itu berwarna hitam, tapi sambel resep ibu Elly ini, berwarna cokelat dan rasanya mantep banget dah. Kenapa menjadi khas? Karena kenikmatannya itu lho, sampai pejabat-pejabat setempat, turis-turis, domestik atau mancanegara, serta bapak wakil Presiden RI M. Yusuf Kalla juga sudah lama berlangganan tuh. Istimewa kan? Nah, jangan lewatkan otak-otak yang sudah jadi khas atau ikon Makassar ini, hihihi.

Coba banyangkan sob, kita beli otak-otak ikannya terus mampir di Pantai Losari dengan angin sepoi-sepoi lalu otak-otaknya di buka dicicipi bersama teman-teman atau keluarga, kan enak tuh, hehehe. Belum lagi kalau mau pulang ke rumah, pasti banyak yang nunggu oleh-olehnya, ada keluarga, teman, pasti pada nanya "mana oleh-olehnya?", iya kan? Makanya, kita tunggu kunjungannya ke Makassar. hihihi. Kalau sudah di Makassar, cari Warung atau Toko Ibu Elly, alamatnya di Jalan Kijang No. 7D Makassar.

Mungkin video berikut berkaitan dengan ulasan "Otak-Otak Ikan Khas Makassar" ini



Referensi lainnya:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Otak-otak
http://travel.kompas.com/read/2013/06/26/0811147/Menikmati.Otak-otak.khas.Makassar.dengan.Sambal.Petis

Sumber Gambar: Serbaserbi.com