Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

https://3.bp.blogspot.com/-9bQLYBLY9LI/VbHy3qyAeDI/AAAAAAAAAnY/L-LpeyEF_tU/s72-c/BANNER%2BRPP.png click to zoom
Ditambahkan Juli 24, 2015
Kategori Artikel Artikel Pendidikan Pendidikan
Harga
Share
BELI

Review Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!

@RPP Kurikulum 2013
Halo sahabat Makassar. Kali ini kita akan sedikit menyinggung soal RPP. RPP merupakan salah satu persyaratan utama yang harus ada atau dibuat sebelum melaksanakan pembelajaran di sekolah, baik itu sekolah tingkat dasar maupun menengah. Bagi sahabat yang belum mengetahui, berikut Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.

RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan. Sementara itu, rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Di dalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.

Demikian artikel singkat ini. Artikel terkait lainnya: