Tujuan dan Fungsi RPP

@ Tujuan dan Fungsi RPP secara singkat dibahas pada halaman ini. Perlu dipahami bahwa halaman ini merupakan potongan dari beberapa halaman. Lihat link terkait di bawah.

Pada kesempatan yang lalu, kita telah membahas tentang Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), - klik untuk membacanya - pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Tujuan dan Fungsi RPP.

RPP Kurikulum 2013

Tujuan dan Fungsi RPP

Tujuan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah untuk :
(1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar;
(2) dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.

Sementara itu, fungsi RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( kegiatan pembelajaran ) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.

Demikian artikel singkat tentang tujuan dan fungsi RPP.

Artikel terkait lainnya:

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!