Pengertian Perangkat Pembelajaran

@ Perangkat pembelajaran sering kita dengarkan, tapi bagi mereka yang baru terjun dalam praktisi pendidikan, mungkin ini masih asing didengarkan. Secara singkat saya akan sedikit membahasnya pada halaman ini.

Perangkat Pembelajaran?


Pengertian Perangkat pembelajaran dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Jadi, secara harfiah dapat diartikan sebagai perlengkapan atau alat yang digunakan dalam proses belajar.

Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran merupakan alat atau perlengkapan untuk melaksanakan kegiatan atau proses yang memungkinkan pendidik atau guru dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

Perangkat pembelajaran merupakan pegangan bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran baik di kelas, laboratorium maupun di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran adalah bagian dari perencanaan pembelajaran. Untuk itulah diperlukan perangkat agar proses belajar mengajar terencana dan berjalan dengan baik.

Perencanaan proses pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus serta RPP yang mengacu pada standar isi yang telah ditentukan. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga disiapkan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, serta skenario pembelajaran.

RPP Kurikulum 2013

Pentingnya Perangkat Pembelajaran dalam proses belajar mengajar mengharuskan para pendidik, yakni guru-guru untuk menyusun menyusunnya sesuai kurikulum pendidikan. Jadi, jika kurikulum kita adalah Kurikulum 2013, maka perangkat pembelajaran yang harus disiapkan adalah Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. Secara garis besar, perangkat pembelajaran terdiri dari Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Masalah Terkait Perangkat Pembelajaran

Masalah yang dihadapi saat ini terkait Kurikulum 2013 adalah masih kurangnya pemahaman para pelaksana pendidikan, secara spesifik adalah guru-guru tentang kurikulum ini. Hal ini akhirnya berdampak pada kemampuan pelaksanaan pembelajaran, termasuk di dalamnya menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai. Masih diperlukan proses adaptasi, baik itu berupa pelatihan atau penyajian contoh-contoh atau semacam acuan yang dapat dipelajari oleh para guru.

Untuk itulah, toMakassar menyediakan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013, Lengkap! Paket Perangkat Pembelajaran ini secara garis besar terdiri dari Silabus, RPP, hingga lembar penilaian, dengan total halaman ratusan halaman. Perangkat Pembelajaran yang kami siapkan ini sangat cocok menjadi acuan bagi para guru untuk menysun perencanaan pembelajaran mereka sendiri sesuai kurikulum 2013 dan sesuai kebutuhan sekolah masing-masing.

Lihat yang terkait dengan halaman ini:

  1. Jual RPP Revisi
  2. RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 (Kurikulum Nasional)
  3. Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Lengkap
  4. Prosedur Pengembangan RPP
  5. Prinsip dan Teori Terkait Pengembangan RPP
  6. Langkah-langkah Penyusunan RPP
  7. RPP Bahasa Indonesia Wajib Kurikulum 2013 SMA Kelas XII
  8. Prinsip-prinsip Penyusunan RPP
  9. RPP Kurikulum 2013 SMA/Ma Kelas X XI XII Semester 1 dan 2
  10. Komponen-komponen RPP
  11. Unsur-unsur yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan RPP
  12. Tujuan dan Fungsi RPP
  13. Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!