Pantangan Saat Haid atau Menstruasi

@ Pantangan saat haid atau menstruasi perlu kita perhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hati-hati dan hindari beberapa hal yang akan dibahas saat haid. Ada banyak hal yang dapat terjadi atau diakibatkan jika tidak memperhatikan tindakan saat haid, misalnya sakit kepala berkepanjangan, bahkan hingga kanker.

Pantangan Saat Haid

Pantangan Saat Haid / Menstruasi

Ada beberapa hal yang menjadi pantangan saat wanita sedang haid atau menstrusi. Pantangan yang sering kita dengan diantaranya:
  1. Hindari minum air soda dan air es serta ait kelapa saat haid.
  2. Jangan melakukan keramas. Saat haid, pori-pori kepala terbuka pada saat haid sehingga dapat menyebabkan sakit kepala. Efek ini dapat dirasakan saat masih muda namun terutama akan dirasakan saat tua.
  3. Saat haid, hindari memakan ketimun atau mentimun karena getahnya dapat menyisakan darah haid pada dinding rahim.
  4. Pantangan saat haid yang terakhir adalah hindari benturan, baik karena jatuh atau pukulan karena dapat mengakibatkan luka pada rahim dan bahkan muntah darah.

Baca juga tips kesehatan lainnya pada halaman => info kesehatan

wanita sakit berawal dari haid

Apakah pantangan saat haid ini benar?

Tidak ditemukan hasil riset yang pasti tentang pantangan haid tersebut. Namun, hal yang pasti adalah jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan iritasi pada usus. Selain itu, kita perlu menghindari makanan dan minuman yang dapat mengakibatkan produksi sel darah merah jadi terhambat karena pada saat haid dibutuhkan produksi darah merah yang baik.

Dari beberapa sumber juga menunjukkan bahwa meminum es dapat menyebabkan darah haid tersisa pada dinding rahim. Sisa darah haid yang dibiarkan begitu saja dapat mengakibatkan kista dan kanker rahim setelah 5-10 tahun.

Baca artikel penting tentang => Kanker Serviks

Masalah Haid dan Produk untuk Mengatasinya

Masalah haid tidak boleh disepelekan, terutama soal kebersihannya. Kita harus benar-benar memastikan bahwa darah haid betul-betul telah habis. Darah haid yang menumpuk atau daerah kewanitaan tidak bersih dapat menyebabkan atau menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti keputihan dan bau tidak sedap. Hal yang lebih parah dan tentu kita tidak menginginkannya adalah kanker serviks.

Agar daerah kewanitaan benar-benar bersih, beberapa produk berikut dapat kita manfaatkan.
  • Tisu Majakani
    Tisu ini berfungsi membersihkan daerah kewanitaan dari luar. Produk ini resmi dan telah teruji khasiatnya dalam membersihkan daerah sakral tersebut.
  • Kapsul Ladyfem
    Adapun produk ini memiliki banyak fungsi yang di antaranya dapat melancarkan haid. Produk ini dapat membantu kelancaran haid sehingga darah haid tidak tersisa dan menumpuk di dalam rahim.

Anda juga dapat membaca sumber dari Wikipedia tentang Menstruasi.

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!