Faktor Penyebab Kanker Serviks & Ciri-Cirinya

@ Faktor penyebab kanker serviks dan ciri-ciri kanker serviks perlu kita pelajari agar dapat melakukan pencegahan dini. Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita.

Ciri-Ciri Kanker Serviks dan Penyebabnya

Kanker Serviks


Kanker leher rahim atau kanker servik merupakan kanker yang terutama disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik. Virus ini menyerang bagian leher rahim. Berdasarkan penelitian, penyebab kanker ini 99,7% karena virus tersebut.

Dari seluruh penderita kanker serviks di Indonesia, hanya 5 % yang melakukan pemeriksaan di awal. Hal ini menyebabkan sebagian besar penderita yang terdeteksi sudah berapa pada kondisi stadium IIIB ke atas (sudah parah). Pada dasarnya kanker serviks ini tidak menunjukkan gejala apa-apa pada stadium awal, itulah sebabnya banyak yang terdeteksi nanti setelah parah (Sumber: Wikipedia).

Kanker Serviks

Berdasarkan penelitian WHO, ribuan wanita meninggal setiap tahunnya akibat kanker ini. Kanker ini berada pada peringkat teratas dalam jajaran kanker mematikan untuk wanita. Sedangkan di Indonesia, sepertiga dari keseluruhan penderita kanker merupakan penderita kanker serviks.

Lihat artikel kesehatan lainnya pada halaman => Info Kesehatan

Ciri Ciri Kanker Serviks atau Rahim


Sebagaimana dijelaskan di awal, kanker ini tidak menunjukkan gejala apa pun pada kondisi stadium awal. Bahkan hampir dianggap sebagai kondisi kurang fit biasa saja dan akan hilang setelah beristirahat. Agar lebih mengenal dan dapat dicegah dari awal sebelum parah, perlu kiranya untuk memahami ciri-ciri kanker serviks ini. Berikut sekilas penjelasannya:

Proses Kanker Serviks


  • Pendarahan tidak normal pada alat vital
    Jika anda mengalami pendarahan yang tidak normal pada alat vital di luar kebiasaan haid, misalnya setelah berhubungan suami istri atau bercak darah diluar siklus haid, maka segela lakukan pemeriksaan pada dokter atau klik terdekat. Tindakan yang lebih berhati-hati dan tidak menyepelekan adalah hal terbaik.
  • Nyeri Panggul yang tidak biasa.
    Jika anda mengalami nyeri panggul tiba-tiba padahal tidak haid atau tidak melakukan aktivitas yang melelahkan, maka anda disarankan untuk segera lakukan pemeriksaan. Bisa jadi ini adalah gejala kanker serviks.
  • Sering Mengalami Keputihan
    Keputihan adalah hal yang biasa terjadi. Namun, jika anda mengalami keputihan yang lama dan sering terjadi, segera lakukan pencegahan dan pemeriksaan.
  • Frekuensi kencing yang meningkat
    Jika anda tidak sedang hamil atau tida sedang berada pada iklim yang dingin namun sering kencing, maka ini pun juga patut untuk diwaspadai.
  • Sulit buang air kecil
    Sebaliknya, jika anda kesulitan untuk kencing atau merasa sakit saat buang air kecil, tidak ada alasan untuk tidak periksa ke dokter.
  • Nyeri tidak normal saat berhubungan suami istri
    Nyeri yang tidak normal juga dapat menjadi indikasi adalah kanker serviks.
  • Gangguan saat buang air besar
    Sembelit pada saat buang air besar atau merasakan ada benjolan dan agak sakit, ini juga bisa jadi merupakan indikasi kanker serviks
  • Anda tiba-tiba tidak berselera makan
    Penurunan nafsu makan juga merupakan salah satu ciri kanker serviks.
  • Kelelahan yang tidak wajar
    Jika anda merasakan kelelahan padahal sudah beristirahat dan tidak melakukan aktivitas berat, maka anda sebaiknya konsultasi ke dokter.
  • Darah haid yang berlebihan
    Darah haid keluar tidak normal atau berlebihan sangat patut anda waspadai. Jangan menerka-nerka. Sebaiknya segera periksa ke dokter
  • Paha bengkak dan merasa sakit
    Ini adalah ciri-ciri stadium lanjut dan wajib untuk ke rumah sakit untuk diperiksa dan ditangangi.

Cegah sebelum ciri-ciri kanker itu ada

Jika anda adalah wanita yang hati-hati dan menyayangi kesehatan tubuh, lakukanlah pencegahan dengan merawat kebersihan diri, terutama pada organ kewanitaan anda.

Terkait dengan hal ini, berikut ada beberapa artikel dan produk yang dapat membantu anda merawat kebersihan dan mencegah kanker serviks:
  • Pantangan Saat haid; Perilaku saat haid juga dapat memberi sumbangan terhadap kanker ini
  • Tisu Majakani; Tisu untuk membersihkan organ kewanitaan dari luar, misalnya saat keputihan
  • Kapsul ladyfem; Kapsul untuk membersihkan rahim dan organ kewanitaan dari dalam

Faktor Penyebab Kanker Serviks

Beberapa hal yang menjadi faktor penyebab kanker serviks akan diulas berikut.  Hindari hal-hal yang yang menjadi faktornya agar terhindar dari kanker mengerikan ini.
  • Faktor Kebersihan Lingkungan
    Kebersihan sangat penting untuk diperhatikan. Virus human papilloma terutama menyebar karena lingkungan yang tidak bersih. Misalnya penggunaan WC umum yang sudah terkena virus ini namun tidak dibersihkan dengan baik. 
  • Faktor Kebersihan Diri
    Kebersihan diri yang tidak diperhatikan juga menjadi faktor penyebab kanker serviks. Misalnya anda terkena keputihan namun tidak dibersihkan dengan baik
  • Hubungan Seksual
    Hubungan seks dengan gonta-ganti pasangan juga mejadi faktor penyebabnya. Apalagi pasangannya mengidap penyakit PMS atau Penyakit Menulas Seksual.
  • Gaya Hidup
    Gaya hidup seperti merokok dan keserignan konsumsi makanan yang kurang bergizi karena hobi junk food juga merupakan faktor penyebab yang tidak dapat disepelekan.

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!