RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 (Kurikulum Nasional)

thumb click to zoom
Ditambahkan Juli 31, 2016
Kategori Artikel RPP
Harga
Share
BELI

Review RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 (Kurikulum Nasional)

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!

@Di bulan Juli 2016 ini, para guru kembali mengalami masalah, yaitu "bingung harus melakukan apa?". Hal ini terkait dengan Kurikulum 2013 yang direvisi pada tahun 2016 ini. Beberapa bulan sebelumnya, diterbitkan draft silabus kurikulum 2013 revisi 2016, yang katanya akan diberlakukan secara nasional. Tidak lama setelah draft tersebut diterbitkan, meskipun belum secara resmi ditandatangani oleh menteri pendidikan, dilakukanlah pelatihan-pelatihan kurikulum 2013 revisi 2016 di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Pada waktu pelatihan, para guru yang menjadi peserta pelatihan kurikulum 2013 revisi 2016 diberikan materi sesuai draft yang diterbitkan sebelumnya. Bergembiralah mereka yang telah mengikuti pelatihan. Hasil pelatihan itulah yang menjadi bekal untuk menyampaikannya kepada guru-guru di sekolah masing-masing.

Kegembiranaan ini hanya berlangsung beberapa minggu. Pasalnya tiba-tiba di awal bulan Juli 2016 ditandatanganilah permendikbud yang terbaru, yang di dalamnya terdapat lampiran silabus kurikulum 2013 revisi 2016. Isi lampiran tersebut apa? ternyata berisi silbaus yang berbeda dengan draft yang sebelumnya diajarkan pada saat pelatihan.

Masalah ini semakin diperkeruh dengan adanya tuntutan untuk membuat RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 (Kurikulum Nasional). Pertanyaan mereka adalah, bagaimana membuatnya sementara yang lama saja masih sangat banyak yang tidak memahaminya. Jika proses belajar mengajar sudah dimulai sementara masalah ini belum selesai, itu artinya para guru mengajar tanpa menggunakan RPP, atau menggunakan RPP tapi dapat dipastikan tidak sesuai dengan Permendikbud yang terbaru, yaitu Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016.

Hal terakhir yang paling membingungkan adalah ternyata Menteri Pendidikan yang bertandatangan pada Permendikbud tersebut diganti dengan menteri baru beberapa minggu setelah Permen dan Silabus dinyatakan SAH. Ayo, coba banyangkan bagaimana pusingnya mereka yang berada pada posisi Guru. Semoga saja masalah ini segera diselesaikan agar proses belajar menajar dapat berjalan dengan baik.

DAPATKAN RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2019.
KLIK DI SINI