Jalur Alternatif Bebas Macet BTP/Daya-Moncongloe-Antang

@ Halo Sobat toMakassar! Akhirnya saya punya kesempatan lagi buat membuat postingan. Kali ini saya akan berbagi tentang Jalur alternatif dar BTP atau Daya menuju ke antang melalui Moncongloe. Mungkin anda telah mendengar sebelumnya di tentang jalur aleternatif tersebut. Jika anda ragu untuk melalui jalan alternatif tersebut, maka mungkin penjelasan singkat saya ini akan bermanfaat.

Jalur Alternatif BTP/Daya-Moncongloe-Antang


Saya mengasumsikan bahwa sobat sudah tau ujung daerah BTP yaitu ditandai dengan Pasar Sentral BTP atau Kampus Baru Politeknik Negeri Ujungpandang (dikenal dengan Politeknik Unhas). Pasar Sentral BTP sendiri tepat berada di persimpangan tiga Paccerankkang BTP dan Moncongloe. Nah, kita start dari sana ya...

Dari arah Paccerakkang atau BTP, kita menelusuri jalanan beraspal menuju Moncongloe (saat ini kondisi aspal agak kasar karena menjadi jalur kendaraan proyek).. Perhatikan gambar berikut:
Jalur Alternatif BTP/Daya-Moncongloe-Antang

Perhatikan garis merah pada gambar di atas. Itu adalah jalan menuju daerah Manggala atau daerah Antang (gambar di ambil dari Google Maps). Dari Pasar Sentral BTP menuju Kampus Stiba Makassar sekitar 4-5 km. Jangan khawatir, saat ini jalanan masih cukup longgar sehingga anda bisa menancap gas lebih cepat dibanding melalui jalam poros Perintis.Hal lain yang seru dari perjalanan ini adalah karena kita dapat menghirup udara segar daerah perkebunan dan persawahan yang dilalui. meskipun beberapa tahun ke depan akan digantikan dengan berbagai bangunan perumahan dan pertokoan.

Sesuaikan jam anda dengan jam dunia => Waktu Makassar

Kampus STIBA sebagai tanda


Jika sobat telah tiba di depan Kampus Stiba, itu pertanda bahwa anda telah memasuki daerah Makassar, yakni daerah Kec. Manggala. Tepat di depan Kampus, ada percabangan atau pertigaan. Jika anda memilih jalur lurus dari Moncongloe, anda akan menemukan kampus UPRI (sebelumnya kampus UVRI) dan daerah Bukit Baruga atau Pannara'. Jika di depan Kampus Stiba anda berbelok ke kanan, anda akan menemukan Perumnas Antang Makassar, yakni Blok 10. Setelah Blok sepuluh ada blok 8 (Blok 9 sementara dikerja bro), lalu blok 7 dan seterusnya sampai ke jalan Antang Raya.

Tentu jalur ini adalah alternatif jika anda ingin melakukan perjalanan bebas macet dan kurang polusi. Oya, sebelum tiba di Kampus STIBA dari Moncongloe atau BTP, ada banyak penjual Air tahu dan jagung rebus serta kopi hangat. anda bisa singgah di sana untuk beristirahat menikmati indahnya pemandangan dan udara segar.

Sekedar informasi, Jalur ini adalah jalur yang direncanakan untuk menjadi jalur bypass Mamminasata, di mana jalur ini akan bertemu dengan 3 jalur utama, yaitu jalur Gowa, Maros dan Makassar (disebut kawasan Segi Tiga Emas). Silahkan simak video berikut jika penasaran.
Sumber Video: YouTube
Sumber Peta : Google Maps

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!