Memahami Keunggulan dan Kelemahan Jenis Sablon Plastisol

https://i.ytimg.com/vi/9_f181eKJhg/default.jpg click to zoom
Ditambahkan Mei 23, 2017
Kategori Artikel Sablon Baju
Harga
Share
BELI

Review Memahami Keunggulan dan Kelemahan Jenis Sablon Plastisol

Gunakan tombol berikut untuk berbagi:

Semoga bermanfaat!

@Halo sahabat Makassar! Tahukah anda apa itu sablon Plastisol? Secara singkat jenis sablon plastisol telah kita bahas pada artikel sebelumnya di sini. Biar lebih mudah paham, mari lihat video singkat, proses dan hasil dari sablon plastisol:

Tinta yang digunakan untuk sablon plastisol adalah CAT PLASTISOL ( Solvent Base ).Bahan dasarnya adalah PVC dengan harga yang sangat mahal dan sulit untuk dikeringkan. Tinta ini tidak dapat kering dengan sendirinya. Diperlukan suhu 160 derajat celcius serta membutuhkan beberapa peralatan seperti conveyor curing dan flash curing.

Tinta plastisol ini memiliki daya rekat yang sangat baik jika telah dikeringkan. Namun jangan pernah mencoba meletakkan seterika panas di atasnya, kecuali jika anda sudah bosan menggunakannya :D.

Mengapa orang lebih senang dengan sablon plastisol?
1. Hasil sablonan plastisol ber-tekstur rapat serta warnanya mengkilap.
2. Gambar yang dihasilkan lebih awet, selama pengikuti tatacara perawatan baju kaos sablonan yang baik.
3. Clothing di luar negeri biasanya menjadikan jenis sablonan ini sebagai standar sablonan yang baik.
4. Kesannya eksklusive karena tidak banyak vendor yang menggunakannya

Keunggulan dan Kelemahan Jenis Sablon Plastisol
Sablon plastisol memiliki keunggulan dari segi ketahahanan alias awet dan mempunyai gambar yang dihasilkan lebih detil. Jenis sablon rubber adalah jenis sablon yang bisa dibandingkan atau hampir menyerupai hasil sablon plastisol. Sablon rubber sangat lazim dipakai untuk sablon baju karakter. Perbandingan antara sablon rubber dan sablon plastisol adalah :
  1. Sablon plastisol merupakan sablon oil based, sedangkan sablon rubber adalah jenis sablon water based. Oleh karena itu sablon plastisol sangat awet, di cuci berkali – kali bahkan sampai kaosnya jebol juga akan tetap bagus tanpa retak. Sedangkan sablon jenis rubber akan retak dalam waktu 3 – 4 bulan.
  2. Kualitas sablon jauh lebih mantap plastisol
  3. Plastisol merupakan standar sablon clothing negara maju
  4. Kelemahan plastisol akan rusak bila di setrika, plastisol akan meleleh bila di setrika. Sablon rubber juga akan rusak bila di setrika tetapi tidak separah sablon plastisol.
  5. Harga sablon plastisol lebih mahal di banding sablon rubber.
Demikian ulasan singkat tentang sablon plastisol. Semoga dapat memberi pemahaman sebelum menggunakan atau memesan jasa sablon baju kaos. Oya, bagi agan yang ada di Makassar atau sekitarnya, jika berminat menyablon baju komunitas atau pribadi, silahkan hubungi jasa sablon baju kaos di Makassar, salah satunya adalah MagelloArt dan Fatih T Shirt.